Sabtu, 14 Februari 2009

KENAKALAN REMAJA

Pada dasarnya kenakalan remaja merupakan suatu bentuk perilaku remaja yang tidak sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku dalam masyarakat, atau dapat juga dikatakan bahwa kenakalan remaja adalah suatu bentuk perilaku yang menyimpang
Perilaku menyimpang juga dapat dilihat sebagai perwujudan dari konteks social, dan perilaku menyimpang tidak dapat dilihat secara sederhana sebagai tindakan yang tidak layak, melainkan lebih dari itu harus dilihat sebagai hasil interaksi dari transaksi yang tidak benar antara seseorang dengan lingkungan social belajar social atau “kesalahan” Dalam berinteraksi dari transaksi social tersebut dapat dikumpulkan dalam beberapa hal (Kauffman, 1989:6)
Dalam keputusan inpres no : 6 / 1997 buku pedoman 8, juga dikatakan bahwa kenakalan remaja adalah kelainan tingkah laku / tindakan remaja yang bersifat anti social, melanggar norma social, agama, serta ketentuan hukum yang berlaku dalam masyarakat
Menurut bentuknya, sunarwiyati S (1985) membagi kenakalan remaja ke dalam tiga tingkatan :
1. kenakalan biasa seperti suka pergi keluar rumah tanpa pamit, membolos sekolah, dll,
2. kenal akan yang mengarah pada pelanggaran dan kejahatan, seperti naik motor tanpa sim
3. kenakalan khusus seperti penyalahgunaan narkotika, hubungan sex diluar nikah, dll. Dalam penelitian ini, kami menjelaskan kategori di atas sebagai ukuran kenakalan remaja.
4. pernah dijelaskan dalam pemikiran emile durkheim (dalam soerjono soekanto, 1985 : 73) bahwa perilaku menyimpang, dalam batas-batas tertentu dianggap sebagai fakta sosiaal yang normal, dalam bukunya “rules of sociological method” dijelaskan bahwa pada batas-batas tertentu kenakalan remaja adalah normal karena tidak mungkin menghapusnya secara tuntas. Dengan demikian, suatu perilaku dianggap normal jika perilaku tersebut tidak menimbulkan kekacauan atau keresahan dalam masyarakat.
5. dilihat dari latar belakangnya, salah satu penyebab dari kenakalan remaja adalah kurangnya interaksi social khususnya dalam suatu keluarga selain itu, fungsi social dalam suatu masyarakat juga sangat dibutuhkan menurut (achlis, )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar